TOP 10 NEGARA PENGHASIL MINYAK BUMI


Pemerintah Indonesia berencana akan menaikkan tarif BBM dan mengurangi subsidi BBM per April 2012. Sebagai negara penghasil minyak terbesar dengan menempati posisi 21 dunia, tidak menjamin harga BBM di dalam negeri menjadi murah. Indonesia memproduksi minyak sebesar 1.023.000 barrel/hari atau sebesar 1.21% dari produksi minyak dunia, menurut data CIA World Factbook. CIA adalah badan intelijen pusat yang dibentuk AS yang bekerja untuk mengumpulkan berbagai informasi di seluruh dunia termasuk sumber daya energi khususnya energi minyak bumi dan negara terbesar penghasil minyak bumi. Berikut ini adalah Top 10 negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia.
minyak bumi

10. Kuwait

Negara kecil di kawasan Semenanjung Arab ini ternyata memiliki kekuatan karena kandungan minyak yang dimiliki oleh negara ini. Negara Kuwait memiliki luas wilayah 17.802 km2 dengan jumlah penduduk hanya 3,5 juta jiwa. Kuwait memproduksi 2.494.000 barrel/hari atau 2,96% bagian dari dunia menurut data tahun 2009. Karena kandungan minyak yang dimiliki oleh Kuwait, negara ini pernah diinvasi oleh Irak ditahun 1990, sekitar 773 sumur minyak dibakar oleh tentara Irak sehingga menimbulkan kerusakan infrasturktur yang parah dan kerusakan lingkungan kini sumur-sumur tersebut telah diperbaiki dan berfungsi sebagai mana mestinya.
tambang minyak kuwait

9. Brazil

Brazil adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, negara ini memiliki hutan hujan yang terbesar, yaitu Amazon yang terkenal itu dan menutupi sebagian besar wilayah negara ini. Brazil merupakan salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia dengan produksi di tahun 2009 sebesar 2.572.000 barrel/hari atau 3.05 % dari bagian dunia.
tambang minyak di Brazil

8. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab (UEA) atau disebut Emirates adalah sebuah negara di jazirah Arab yang merupakan federasi dari tujuh emirat yaitu Abu Dhabi, Dubai, Ajman, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm al-Quwain. UEA beribukota di Abu Dhabi dan kota terbesar adalah Dubai. UEA adalah salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia dengan produksi sebesar 2,798,000 atau 3.32% bagian dunia di tahun 2009.
Uni Emirat Arab

7. Mexico

Meksiko adalah negara di Amerika Latin yang berbatasan dengan AS, Guatemala, Belize di bagian tenggara, Samudra Pasifik di sebelah barat, Teluk Meksiko dan Laut Karibia di sebelah timur. Meksiko merupakan salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia dengan 3.001.000 barrel/hari atau 3.56% bagian dari dunia.
tambang minyak di Mexico

6. Kanada

Kanada adalah negara terluas kedua di dunia dengan luas 9.98 km2, yang berbatasan dengan Amerika Serikat, dengan Samudera Pasifik di barat, di Samudra Arktik di sebelah utara dan Samudera Atlantik di sebelah timur. Industri minyak bumi adalah sektor primer dan merupakan salah satu negara maju dengan menjadi eksportir energi bersih. Kanada menghasilkan minyak sebesar 3.289.000 barrel/hari atau 3.9% dari produksi dunia.
tambang minyak Kanada

5. China

Cina adalah negara terluas di dunia dengan luas 9.6 km2 dengan penduduk terpadat di dunia dengan jumlah populasi 1,3 miliar penduduk. Cina dianggap menjadi negara adidaya baru, karena pertumbuhan ekonomi negara ini sangat maju dengan didukung oleh dari beberapa sektor yang mengalami kemajuan pesat seperti di sektor ekonomi, kekuatan militer, populasi, serta sumber daya energi khususnya minyak. Cina merupakan salah satu negara penghasil minyak terbesar kelima dengan memproduksi minyak bumi sebesar 3.991.000 barrel/hari atau 4.56% bagian dari produksi di seluruh dunia.
pengolahan minyak bumi di China

4. Iran

Negara Mahmoud Ahmadinejad ini, presiden yang sangat sederhana, merupakan negara penghasil minyak terbesar keempat di dunia. Iran negara kaya minyak ini memiliki luas wilayah 1.648.195 km2 dengan jumlah populasi sekitar 78 juta jiwa, terletak di kawasan Timur Tengah dan pusat Eurasia, berbatasan dengan Armenia, Azerbaijan, Turkmenistan di utara, dengan Afghanistan dan Pakistan di sebelah timur. Negara di kawasan Timur Tengah seperti Iran dan Kuwait adalah negara yang sering berkonflik dengan negara lain karena kandungan minyak yang dimiliki negara-negara tersebut dan ambisi negara lain untuk menginvansi dan menguasai sumber-sumber minyak mereka. Negara bersyariat Islam ini adalah negara kaya dengan sumber daya energinya seperti gas alam dan minyak bumi. Produksi minyak Iran di tahun 2009 adalah sebesar 4.172.000 barrel/hari atau 4.8% dari produksi minyak di seluruh dunia.
Iran, negara penghasil minyak terbesar keempat di dunia

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara penghasil minyak terbesar ketiga di dunia dengan total produksi 7.800.000 barrel/hari atau 8.9% dari produksi minyak di seluruh dunia. Sebagai negara adidaya yang maju di segala hal, Amerika juga memiliki sumber daya energi minyak terbesar ketiga di dunia. Amerika memproduksi 7.800.000 barrel/hari atau sebesar 8.9% dari produksi minyak dunia menurut data CIA Factbook tahun 2011. Selain memproduksi, Amerika juga merupakan konsumen minyak bumi terbesar di dunia, terutama beberapa dekade terakhir
ladang minyak di Amerika Serikat

2. Arab Saudi

Arab Saudi adalah negara kaya yang mengandalkan minyak bumi sebagai salah satu sektor penopang perekonomiannya. Kerajaan Islam ini merupakan negara terluas kedua setelah Aljazair di Semenanjung Arab dan memiliki dua tempat suci bagi umat Islam yaitu Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Arab Saudi adalah negara penghasil minyak bumi terbesar kedua di dunia dengan produksi sebesar 8.800.000 barrel/hari atau 10.6% dari produksi dunia menurut data CIA Factbook tahun 2011. Sebagian besar minyak yang dihasilkan oleh Arab Saudi di ekspor ke luar negeri.
Arab Saudi negara penghasil minyak terbesar kedua di dunia

1. Rusia

Ini dia negara penghasil minyak terbesar di dunia dengan produksi minyak sebesar 10.540.000 barrel/hari atau 12.1% bagian dari produksi minyak dunia, menurut data CIA Factbook tahun 2011. Negara yang dulu dikenal dengan Uni Soviet ini memiliki sumber daya energi yang melimpah dan menjadi produsen minyak bumi terbesar serta penghasil gas alam terbesar kedua di dunia. Rusia disebut sebagai negara adidaya energi karena menjadi produsen dan eksportir energi seperti minyak bumi dan gas alam terkemuka di dunia.
Rusia negara penghasil minyak terbesar nomor satu di dunia


Source : http://vibonacci.blogspot.com/2012/03/top-10-negara-penghasil-minyak-bumi.html#ixzz1yRCad01h

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik